Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Paudqu Itqaan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.58550/jka.v11i2.340Keywords:
Pola Asuh, Motorik Halus, Anak PrasekolahAbstract
Berdasarkan penelitian (Roesli 2020) di Puskesmas daerah Jawa Barat didapatkan bahwa data yang memiliki gangguan motorik halus sebanyak 14,3%. Tujuan mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di PaudQu ItQan Kecematan Cimenyan Kabupaten Bandung. Desain penelitian menggunakan deskriptip kuantitatif, populasi adalah seluruh anak dan orang tua di paudQu ItQan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung sebanyak 76 orang responden dengan menggunakan Teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pola asuh (Buri,1991) dan DDST. Hasil penelitian secara umum diperoleh Distribusi frekuensi Pola Asuh Orang Tua kategori demokratis 22 responden (58%) dan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia kategori normal sebanyak 23 orang (58%). Penelitian ini menunjukan nilai p value < 0,030 yang artinya ada Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di PaudQu ItQan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Saran bagi paudQu ItQan segera melakukan sosialisasi kepada orang tua tentang pentingnya pola asuh.
References
Andarwati, S. R., Munir, Z., & Siam, W. N. (2019). Permainan Lego (Parallel Play) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/480
Asna, A. N. (2020). HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4 TAHUN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Amini, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (2020). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya. Modul Ajar, 1-54.
Dathe, A., Jaekel, J., Franzel, J., Hoehn, T., Felderho, U., & Huening, B. M. (2020). Visual Perception, Fine Motor, and Visual-Motor Skills in Very Preterm and Term-Born Children before School Entry–Observational Cohort Study Anne-Kathrin. Children, 7(1), 1–12. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33291494
Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 20-30.https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/37
Ganjar Safari, & Putri Nova. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN . Jurnal Sehat , 6 (2), 29–38. Diambil dari https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/482
Gunarsa, S.D. 2013. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Cetakan ke-12. Jakarta: Gunung Mulia
Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. JURNAL ILMIAH PESONA PAUD, 1(2)
Johnstone, A., Martin, A., Cordovil, R., Fjortoft, I., Iivonen, S., Jidovtseff, B., Lopes, F., Reilly, J. J., Thomson, H., Wells, V., & McCrorie, P. (2022). Nature-Based Early Childhood Education and Children’s Social, Emotional and Cognitive Development: A MixedMethods Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10), 1–30. https://doi.org/10.3390/ijerph19105967
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar Nasional. Riskesdas, 76. https://www.litbang.kemkes.go.id/hasil-utama-riskesdas-2018
Ningrum, M. R. C., Supriyadi, S., & Astuti, N. (2019). Hubungan Pendapatan dan Pola Asuh (Placeholder1) Orang Tua dengan Perilaku Bullying Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(13), 1-15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/19602
Nurlaili, 2019 Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Medan
Redjeki, D. S. S., & Anggarani, R. P. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK AISYIYAH Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 6(1), 104–112.
Saleh, S., AlGhfeli, M., Al Mansoori, L., Al Kaabi, A., Al Kaabi, S., & Nair, S. C. (2023). Knowledge and Awareness Among Mothers Regarding Early Childhood Development: A Study From the United Arab Emirates. Cureus, 15(4). https://doi.org/10.7759/cureus.37027
Sania, A., Sudfeld, C. R., Danaei, G., Fink, G., McCoy, D. C., Zhu, Z., Fawzi, M. C. S., Akman, M., Arifeen, S. E., Barros, A. J. D., Bellinger, D., Black, M. M., Bogale, A., Braun, J. M., Van Den Broek, N., Carrara, V., Duazo, P., Duggan, C., Fernald, L. C. H., … Fawzi, W 2019). Early life risk factors of motor, cognitive and language development: A pooled analysis of studies from low/middle-income countries. BMJ Open, 9(10). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-026449
Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influence of Parents’ Role and Parenting on Communication and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Cluster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.09
Suparyanto dan Rosad (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Permainan Playbox. Suparyanto, 5(3), 248-253, https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/199/205
Tamara, S., den Boer, M. A., & Heck, A. J. R. (2021). High-Resolution Native Mass Spectrometry. Chemical Reviews. https://doi.org/10.1021/acs.chemrev.1c00212
Tridhonanto, A., & Beranda, T. (2014). Mengapa anak mogok sekolah. Elex Media Komputindo.
Widawati & Budiani (2012). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak Ditinjau Dari Attachment Terhadapa Orang Tua. Skripsi: Universitas Negeri Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


