Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Paudqu Itqan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Authors

  • Utami Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
  • Januardi Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit

DOI:

https://doi.org/10.58550/jka.v11i1.300

Keywords:

pola asuh, orang tua, perkembangan bahasa

Abstract

Dapartemen Kesehatan RI 2018 melaporkan bahwa 0,4 juta (16%) balita di Indonesia mengalami gangguan perkembangan baik perkembangan motorik halus, gangguan pendengaran, kecerdasan kurang, dan keterlambatan bicara. Dari beberapa gangguan perkembangan anak, angka ganguan bicara dan bahasa pada anak Indonesia masih tinggi yaitu 2,3% - 24,6% dan prevelensi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak usia prasekolah 5-10%. Dinkes Provinsi Jawa Barat terdapat 1-3% anak mengalami keterlambatan perkembangan bahasa. Mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Paudqu Itqan Kecamtan Cimenyan Kabupaten Bandung.Desain penelitian ini menggunakan deskriptip kuantitatif dengan menggunakan populasi dan sampel seluruh anak dan orang tua sebanyak 76 responden dan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pola asuh orang tua (Buri, 1991) dan perkembangan bahasa menggunakan kuesioner sebanyak 25 pertanyaan. Secara umum diperoleh pada anak usia prasekolah di Paudqu Itqan Kecamtan Cimeyan Kabupaten Bandung Pola Asuh Orang Tua memiliki kategori pola asuh demokratis 22 responden (58%) dan Distribusi Frekuaensi Perkembangan Bahasa Anak Usia dengan keterangan berkembang sesuai harapan 16 responden (42%). dari penelitian ini menunjukan nilai nilai p-value sebesar 0,026 < taraf signifikasi (0,05) yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulan Terdapat Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Otoriter Dan Permisif Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Paudqu ItQan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

References

Amalia, E. R. 2019. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Amini, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (2020). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya. Modul Ajar, 1-54.

Asna, A. N. (2020). Hubungan Fungsi Kognitif Dengan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 4 Tahun (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Dya, V. R. A., Majid, Y. A., & Rini, P. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Dan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Di SD Muhammadiyah 14 Balayudha Palembang in 2019. HealthCare Nursing Journal, 2(1).

Egbert, J. (2020). The New Normal?: A Pandemic of Task Engagement in Language Learning. Foreign Language Annals, 53(2), 314–319. https://doi.org/10.1111/flan.12452

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dan gaya belajar terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302-315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fatmawati, E., Ismaya, EA, & Setiawan, D. (2021). Pola asuh orang tua dalam memotivasi anak dalam belajar berani. Jurnal Pendidikan Fkip Unma , 7 (1), 104-110.

Hasanah, Mizanul, & Maarif, Muhammad Anas. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. Google Scholar

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di Paud Al Hasanah. 1(6), 42–48.

Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Daring terhadap Hasil Belajar di Masa New Normal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 393-401. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37184

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Rezieka, D. G. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, 5(2), 294-303. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3699

Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influence of Parents’ Role and Parenting on Communication and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Cluster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.09

Silawati, E. (2016). Simulasi Guru Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikandikan.

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197-1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Tanjung, P. S., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380-3386. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.854

Tridhonanto, A., & Beranda, T. (2019). Mengapa anak mogok sekolah. Elex Media Komputindo.

World Health Organization (WHO). 2019 “Child Growth Standart”

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Sundari, D., & Januardi. (2025). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Paudqu Itqan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 11(1), 54–59. https://doi.org/10.58550/jka.v11i1.300

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.