Pemahaman Ibu Hamil Tentang Materi Pendidikan Kesehatan dalam Buku Ibu dan Anak

  • Ratnawati Ratnawati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Friska Fahira
  • Dafid Arifiyanto
  • Sri Mintasih
Keywords: Pengetahuan, Pemahaman, Lembar Edukasi Ibu, Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Ibu Hamil

Abstract

Pendahuluan Angka Kematian Ibu merupakan indikator utama untuk mengetahui dan mengukur peningkatan kesehatan di suatu negara yang berdasarkan pada mutu hidup masyarakatnya. Upaya untuk mengurangi angka kematian ibu salah satunya dengan peningkatan pengetahuan melalui pemanfaatan Buku KIA, terutama penggunaan lembar edukasi sebagai sumber pengetahuan untuk perawatan selama hamil, persalinan, nifas, serta perawatan anak. 

Tujuan Penelitian Menggambarkan pemahaman materi pendidikan kesehatan di buku kesehatan ibu dan anak pada ibu hamil.

Metode Penelitian Penelitian ini bersifat deskriptif. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner. Penelitian ini melibatkan Ibu hamil di Kabupaten Pekalongan dengan tehnik purposive sampling sebanyak 87 responden.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman materi pendidikan kesehatan di buku kesehatan ibu dan anak pada ibu hamil, lebih dari setengahnya ibu memiliki pengetahuan baik  yaitu sebanyak 56,3%.

Simpulan: pemahaman ibu hamil yang baik lebih dari setengah jumlah Ibu hamil. Ibu hamil diharapkan lebih sering membaca informasi kesehatan dalam buku KIA sebagai sumber pengetahuan dalam praktik perawatannya selama hamil, melahirkan dan perawatan bayinya.

Published
2023-09-30