Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Bebas Di Apotek K24 Kiaracondong Kota Bandung

  • Eva Pahlani Pahlani Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
  • Tantri Suryandani Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
  • Arung Setyo Pambudi
Keywords: Apotek, Kepuasan Konsumen, Pelayanan Obat Bebas, Dimensi Servqual

Abstract

Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukannya praktek kefarmasian. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang ketika menerima produk atau jasa yang ditawarkan serta membandingkan kinerja atas produk atau jasa yang diterima dengan harapan yang dimiliki. Kepuasan konsumen dapat mempengaruhi minat dan keinginan konsumen untuk kembali ke apotek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan di apotek k24 kiaracondong dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisoner tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitiian kesimpulan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan obat bebas di Apotek K24 Kiaracondong pada dimensi berwujud didapatkan hasil 82,25%. Dimensi kehandalan didapatkan hasil 79,3%. Dimensi daya tanggap didapatkan hasil 80%. Dimensi kepastian didapatkan hasil 82,9%. Dimensi empati didapatkan hasil 81,85%. Hasil perhitungan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan lima dimensi Servqual mendapatkan hasil rata-rata 81,26% hal ini menunjukkan konsumen merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan di Apotek K24 Kiaracondong.

 

Published
2023-09-30