Penerapan Foot Massage Pada Pasien Dengan Pre-Eklamsia Post Sectio Caesarea Diruang Ayyub I Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang

  • Kurnia Diah Pratiwi Mahardika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan
  • Rosikhah Rosikhah Universitas Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Foot massage, Preeklamsia, Sectio Caesarea

Abstract

Pendahuluan: Preeklamsia Berat (PEB) masih merupakan salah satu penyebab morbilitas dan mortalitas ibu apabila tidak ditangani dengan adekuat. Pengobatan nonfarmakologi terapi foot massage dapat menjadi pilihan alternatif yang memiliki manfaat dapat mambantu menurunkan tekanan darah, menurunkan rasa nyeri, kecemasan, dan melancarkan aliran darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian terapi foot massage terhadap penurunuan tekanan darah pada ibu preeklamsia.     
Metode: desain penelitian ini menggunakan studi kasus pada ibu post SC dengan Preeklamsia di ruang Ayyub 1 RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Intervensi yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan memberikan terapi foot massage untuk menurunkan tekanan darah, serta memberikan ntervensi perawatan payudara atau breast care untuk kelancaran asi serta untuk mencegah puting susu yang datar.

Hasil : pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh pada terapi foot massage dalam menurunkan tekanan darah pasien post section caesarea dengan preeklamsia dimana tekanan sistolik pada hari pertama 130 mmHg, dan pada hari ketiga menjadi 121 mmHg, serta sistolik pada hari pertama 89 mmHg dan pada hari ketiga menjadi 82 mmHg.

Simpulan : terdapat pengaruh pemberian terapi foot massage untuk menurunkan tekanan darah pada pasien. Diharapkan pihak lahan praktik atau rumah sakit dapat memberikan asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan memberikan  penerapan implementasi nonfarmakologis melalui foot massage untuk menurunkan tekanan darah pada pasien dengan preeklamsia

 

Published
2023-09-30