Penerapan Teknik Mobilisasi Dini Pada Ibu Post Sectio Caesarea Terhadap Penyembuhan Luka Tahap Awal Di RSUD Tugurejo Semarang : Case Study

  • Friska Fahira Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan
  • Theresia Dian Yogastina Universitas Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Mobilisasi dini, Penyembuhan Luka, Post Sectio Caesarea

Abstract

Introduction (Pendahuluan)

Sectio caesaria merupakan suatu persalinan buatan dimana janin dilahirkan melalui insisi pada dinding depan perut dan dinding rahim. Masalah yang timbul pada pasien post sc salah satunya yaitu adanya hambatan mobilitas fisik. Hambatan mobilitas fisik ini dipengaruhi karena adanya luka post sc yang menyebabkan luka pada bekas sayatan di daerah abdomen (kulit dan otot perut) dan dinding uterus. Munculnya rasa nyeri dapat memperpanjang masa pemulihan sehingga menyebabkan penyembuhan luka lama. Salah satu upaya untuk mempercepat penyembuhan luka post sectio caesarea dapat dilakukan mobilisasi dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik mobilisasi dini pada Ibu Post Sectio Caesarea terhadap penyembuhan luka di RSUD Tugurejo Semarang.

Method (Metode)

Penelitian ini menggunakan desain studi kasus atau case study yaitu dengan penerapan Evidance Based Practice Nursing, variabel yang digunakan yaitu ibu post sc. Penelitian ini menggunakan sampel ibu post sc di Ruang Bougenville RSUD Tugurejo Semarang sebanyak 1 orang. 

Results (Hasil) & Analisis

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobilisasi selama 3 hari luka post sc tidak ada tanda infeksi, ibu mampu menyusui dengan dengan benar.

Discussion (Diskusi atau Simpulan)

Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi pihak rumah sakit untuk mengaplikasikan ke pasien untuk meningkatkan mobilisasi dini post sectio caesarea sebagai upaya untuk penyembuhan luka sayat post sc.

 

Published
2023-09-30