Efektifitas Tehnik Relaksasi Benson dalam Menurunkan nyeri Post Sectio Cesarea Ibu Pospartum

  • Ratnawati Ratnawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Kiki Utari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Ibu, Postpartum, Nyeri, persalinan, Sectio Cesareaan

Abstract

Pendahuluan Persalinan merupakan proses pengeluaran hasil konsepsi dari dalam tubuh ibu hamil. Jenis persalinan section cesarean (SC) dipilih saat kondisi ibu atau janin tidak memungkinkan untuk persalinan spontan. SC dilakukan dengan pembedahan, membuka jaringan perut area bawah dan juga uterus untuk pengeluaran janin. Efek utama pembedahan adalah menimbulkan luka dan rasa nyeri bagi ibu postpartum. Rasa nyeri dapat menghambat ibu untuk melakukan adaptasi selama periode postpartum, sehingga perlu intervensi khusus salah satunya dengan relaksasi benson.

Tujuan penelitian ini adalah menilai efektifitas relaksasi benson dalam menurunkan tingkat nyeri ibu postpartum pos SC.

Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental, pre dan post test without control. Sampel yang digunakan yaitu tiga ibu postpartum post Sectio Caesaria di ruang nifas rumah sakit negeri di kota Kendal. Penilaian nyeri dengan menggunakan kuesioner Numeric Rating Scale (NRS). Analisa data uji bivariate dengan uji T Test.

Hasil Penelitian menunjukan rata-rata nyeri responden pre intervensi adalah 4 sedangkan nyeri pos intervensi relaksasi benson adalah 2,33. Uji bvariat menggunakan uji T Test menunjukan nilai P value 0,02 ( P Value < α). Hasil tersebut menunjukan ada pengaruh relaksasi benson terhadap penurunan nyeri pasien post SC di ruang nifas.

Simpulan penelitian ini menunjukn ada pengaruh intervensi manajemen nyeri relaksasi benson terhadap penurunan nyeri post SC ibu nifas. Relaksasi benson ini dapat dilakukan di ruang nifas dengan mengajarkan tehniknya selanjutnya pasien dapat melakukan intervensi tersebut secara teratur.

Published
2022-03-30