Pengetahuan Remaja Tentang Bullying di SMA dan SMK PGRI Lembang Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.58550/jka.v3i1.70Keywords:
pengetahuan, remaja, bullyingAbstract
Berdasarkan survey yang dilakukan letitude news pada 40 negara bahwa Indonesia menempati urutan kedua dengan kasus bullying tertinggi dari seluruh dunia. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan remaja tengah kelas X dan XI tentang bullying. Daftar pustaka meliputi tentang pengetahuan, tentang remaja dan tentang bullying yang merupakan penggunaaan kekuasaan yang dilakukan terhadap orang yang lebih lemah. Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif, populasi sebanyak 124 siswa dengan jumlah sampel 95, menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reabilitas dilakukan di SMK PGRI Bandung dengan cronbach’s Alpha 0,915. Analisa data menggunakan rumus persentase dengan kategori baik (≥76-100%), cukup (56-75%) dan kurang (≤56%). Hasil penelitian pengetahuan tentang pengertian bullying sebanyak 54 responden berkategori kurang (57%), pengetahuan tentang bentuk bullying sebanyak 49 responden berkategori kurang (52%), pengetahuan tentang dampak bullying sebanyak 55 responden berkategori kurang (58%), pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi bullying sebanyak 37 responden berkategori kurang (39%) dan pengetahuan tentang pencegahan bullying sebanyak 58 responden berkategori kurang (61%). Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan remaja tengah kelas X dan XI di SMA dan SMK PGRI kurang (55%). Dalam hal ini sangat disarankan pada pihak sekolah mengadakan penyuluhan tentang bullying untuk mengatasi meningkatnya angka kejadian bullying.