Evaluasi Implementasi Aplikasi Zi.Care dalam Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura

Authors

  • Pati Laba Universitas Esa Unggul
  • Siswati Universitas Esa Unggul
  • Dina Sonia Universitas Esa Unggul
  • Nanda Aula Rumana Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.58550/jka.v10i2.286

Keywords:

Evaluasi, Sistem, HOT-Fit

Abstract

Evaluasi adalah proses pengumpulan data terkait performa suatu entitas, seperti metode, manusia, atau peralatan, untuk mendukung pengambilan keputusan. Evaluasi sistem di rumah sakit dapat membantu mengukur, menilai, dan memperbaiki kinerja layanan, serta mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pengguna dan organisasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi aplikasi Zi.Care di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura menggunakan model HOT-Fit. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data primer melalui survei dan penyebaran kuesioner yang berfokus pada aspek-aspek HOT-Fit. Terdapat 75 responden dalam penelitian ini, sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berpendidikan sarjana, dan memiliki masa kerja 1-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel Human, 57% responden menyatakan baik, sementara 43% menyatakan tidak baik. Pada variabel Organization, 55% responden menyatakan baik dan 45% menyatakan tidak baik. Pada variabel Technology, 43% responden menilai baik dan 57% menyatakan tidak baik. Sedangkan pada variabel Net Benefit, 68% responden menyatakan baik, sementara 32% menilai tidak baik. Hasil evaluasi ini diharapkan menjadi panduan untuk perbaikan sistem dan peningkatan kinerja layanan rumah sakit.

References

Abda’u, P. D., Winarno, W. W., & Henderi, H. (2018). Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode HOT-Fit di RSUD dr. Soedirman Kebumen. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 46.

Kemenkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013. In Slideshare.Net (Vol. 2, Issue 1, pp. 545–555).

Kurniawan, A. (2021). Kuesioner Adalah Instrumen Untuk Mengumpulkan Data. Merdeka.com.

Nastiti, I., & Santoso, D. B. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD SLG Kediri dengan Menggunakan Metode HOT-Fit. Jurnal Kesehatan Vokasional, 7(2), 85.

Prawiro, M. (2023). Pengertian Observasi: Arti, Tujuan, Ciri-Ciri, Dan Manfaat Observasi. Maxmanroe.com.

Presiden RI. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Undang-Undang.

Sari, M. M., Sanjaya, G. Y., & Meliala, A. (2016). Evaluasi sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dengan kerangka HOT-FIT. SESINDO.

Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Evaluasi. Universitas Raharja.

Tawar, Santoso, A. F., & Salma, Y. S. (2022). Model HOT FIT dalam Manajemen Sistem Informasi. Bincang Sains Dan Teknologi, 1(2), 76–82.

Tiorentap, D. R. A. (2020). Evaluation of the Benefits of Implementing Electronic Medical Records in Developing Countries: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2).

Downloads

Published

2024-09-30