Motivasi Kader Posyandu Dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Cikole Desa Cibogo Kecamatan Lembang

Authors

  • Ero Haryanto Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit Bandung
  • Nenden Oktapiani Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit

DOI:

https://doi.org/10.58550/jka.v10i2.281

Keywords:

Motivasi, Kader Posyandu, Kesehatan Ibu Dan Anak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan kader posyandu di puskesmas cikole. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Cikole Desa Cibogo Kecamatan Lembang. Motivasi yaitu merupakan kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu, motivasi terdiri dari motivasi internal dan motivasi eksternal. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan populasi berjumlah 88 orang, dan sampel 72 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner. Uji validitas motivasi diperoleh nilai r tabel terendah (0,523) dan r tabel tertinggi (0,949) lebih besar dari pada nilai r hitung yaitu (0,497). Dan hasil reliabilitas nilai Cronbach’s Alpha adalah (0,946). Hasil penelitian secara umum diperoleh dengan hasil motivasi 61 responden (85%) termasuk kategori tinggi dan 11 responden (15%) termasuk kategori rendah. Motivasi internal dan eksternal yaitu 65 responden (90%) kategori tinggi dan 7 responden (10%) kategori rendah. Kesimpulan Motivasi kader Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Cikole Desa Cibogo Kecamatan Lembang yaitu memilki motivasi yang tinggi. Saran yang ditujukan yaitu kepada pihak posyandu agar kegiatan posyandu dan pelaksanaan pelayanan posyandu dapat ditingkatkan dan di pertahankan supaya kualitas kesehatan masyarakat lebih baik dan terjaga.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Kesehatan Jawa Barat 2020. Bandung: BPS Provinsi Jawa Barat.

Dapartemen Kesehatan RI. (2018). Pedoman Pelaksanaan Posyandu. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kementrian Kesehatan. (2016). Pedoman Pembinaan Kader Posyandu. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Kementrian Kesehatan. (2020). Posyandu Menjaga Anak dan Ibu Tetap Sehat.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Profita, A. C. (2018). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu Di Desa Pengadegan Kabupaten Banyumas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 6 No 2, 69-74.

Sunarti. (2019). Peran, Kader, Posyandu Peran Kader Kesehatan Dalam Pelayanan Posyandu Uptd Puskesmas Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Keperawatan Malang, 3(2), 94–100.

Winardi. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-09-30