Stigma Diri Penderita Tuberkulosis Paru Tentang Penyakit Yang Dideritanya Di Puskesmas Garuda Kota Bandung

Authors

  • Minggawati Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
  • Febrianti Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit

DOI:

https://doi.org/10.58550/jka.v10i2.268

Keywords:

Stigma Diri, Penderita TB, TB

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peningkatan kasus Tuberkulosis di Kota Bandung dan terdapat penemuan kasus Tuberkulosis tertinggi ada di Puskesmas Garuda Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stigma diri pada penderita Tuberkulosis Paru di Puskesmas Garuda Kota Bandung. Stigma diri merupakan perasaan negatif terhadap diri sendiri atau perasaan malu yang biasanya terjadi pada pasien yang terkena penyakit menular. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi sebanyak 47 dengan kategori usia minimal 10 tahun dan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Internalized Stigma of Mental Illness (ISMI) Scale. Hasil penelitian diperoleh bahwa penderita dengan Stigma Diri Rendah 34 responden (72.35%), dengan Stigma Diri Cukup 13 responden (27.65%) dan tidak ada yang merasakan Stigma Diri Tinggi (0%). Disarankan bagi Puskesmas Garuda Kota Bandung hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi Puskesmas Garuda Kota Bandung dalam mencegah terjadinya stigma diri pada penderita Tuberkulosis Paru di masa yang akan datang dengan meningkatkan Pendidikan kesehatan dan konseling, kepada penderita maupun keluarganya.

References

Agustin, R. A. (2018). Tuberkulosis . Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Ishak, D. A. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Stigma yang Dirasakan Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Rizqiya, R. (2020). Hubungan Stigma Masyarakat dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien TBC Paru di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Univ Jember.
Sari, Y. (2018). Gambaran Stigma Diri Klien Tuberkulosis Paru (TB PARU) Yang Menjalani Pengobatan Di Puskesmas Malingping. Media Ilmu Kesehatan Vol.7 No.1.

Setiawati, R. E. (2022). Gambaran Perceived Stigma Pada Penderita TBC. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 9(2), 206-207.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyudi. (2021). Stigma Masyarakat Tentang Penyakit Covid-19 di Desa Sriombo Kecamatan Lasem. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
TOSS TBC. (2023). Waspada Dengan Bakteri Penyebab Tuberkulosis. Retrieved from Temukan TBC Obati Sampai Sembuh: https://tbindonesia.or.id/waspada-dengan-bakteri-penyebab-tuberkulosis/
WHO. (2023). World Tuberculosis Day 2023. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/indonesia/news/events/tb-day/tb-day-2023
Yayasan KNCV, I. (2022). Tahu TB: Memahami Stigma Dan Dampak Dalam Penanggulangan Penyakit Menular. Retrieved from Retrieved from Yayasan KNCV Indonesia- Untuk Indonesia Bebas TB: https://yki4tbc.org/tahu-tb-memahami-stigma-dan-dampak-dalam-penanggulangan-penyakit-menular/

Downloads

Published

2024-09-30