Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living Pada Anak Tunagrahita Di SLB ABC YPLAB Lembang Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Utami Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
  • Sarimaulani Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit

DOI:

https://doi.org/10.58550/jka.v10i2.267

Keywords:

pola asuh orang tua, tingkat kemandirian, activity daily living, Anak Tunagrahita

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya keterbatasan Activity Daily Living yang menyebabkan anak tidak mandiri karena perilaku dan sikap orang tua. Tujuan peneliti untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan Tingkat kemandirian activity daily living pada anak tunagrahita di SLB ABC YPLAB Lembang Kabupaten Bandung Barat. Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang digunakan oleh orang tua untuk berhubungan dengan anak-anak pola asuh terdiri dari Demokratis, Otoriter, Permisif. Activity Daily Living merupakan aktivitas sehari-hari untuk merawat diri secara mandiri. Desain penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, populasi 45 siswa menggunakan Teknik sampling jenuh dan sampel 45 responden. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasional hubungan variabel bebas dan terikat. Hasil uji bivariat dengan uji chi square diperoleh nila p value 0,078 (<0,05) yang artinya ada hubungan yang bermakna antara hubungan pola asuh orang tua dengan Tingkat kemandirian activity daily living di SLB ABC YPLAB Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian berdasarkan sub variabel pola asuh orang tua yaitu demokratis sebanyak 12 responden (27%), otoriter 25 responden (56%) dan permisif 8 responden (17%). Untuk Tingkat kemandirian activiy daily living mandiri yaitu 9 responden (20%), tidak mandiri 36 responden (80%). Saran bagi SLB ABC YPLAB diharapkan segera mengsosialisasikan kepada orang tua pentingnya pola asuh orang tua terhadap tingkat kemandirian activity daily living.

References

Zai, H. I. K. (2021). Pengetahuan Anak dengan disabilitas Di kelurahan Pasanggarahan Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung.
UNICEF. Anak Berkebutuhan khusus (Laporan UNICEF ). 2019;18-20
Mardi Fitri, Dara Gebrina Rezieka, K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40.
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i 2.10424
Vidya, H., & Mustikasari, S. (2018). Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Budi Luhur, 11(2), 376–
400.
http://jurnal.stikesbudiluhurcimahi.ac. id/index.php/jkbl/article/view/jkbl112 16
STELLA, G. B. P. (2023). Bimbingan
Pribadi Melalui Program Activity Daily Living (Adl) Untuk Meningkatkan Kemandiriran Anak Tunagrahita Di Pklk (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian kesehatan. Rineka Cipta.
Putri Camelia Az Zahra Siregar, P. (2023). Pelaksanaan Pelatihan Aactivity Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih (Doctoral

dissertation, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Marviana,et al (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan kemandirian Anak Tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus. Indonesia Journal Of Nursing (IJNR)
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta Bumi Aksara
Satino, Sulastri, & Yuli W, Y. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Melakukan Tindak Pidana Melalui Diversi Berdasarkan Sistem Peradilan Pidana Anak. Esensi Hukum, 2(1), 15–27.
https://doi.org/10.35586/esensihukum
.v2i1.26
Mardi Fitri, Dara Gebrina Rezieka, K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40.
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i 2.10424
Khathoon, R., Sachan, B., Khan, M. A., & Srivastava, J. P. (2017). Impact of school health education program on personal hygiene among. Journal of family medicine and primary care. 6(1); 97-
100.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/ pmc/
Sugiyono.(2018) Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksporatif, enterpreatif, interaktif, dan konstruktif Bandung Alfabeta
Putri Camelia Az Zahra Siregar, P. (2023).
Pelaksanaan Pelatihan Aactivity

Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih (Doctoral dissertation, Fisip Universitas
Muhammadiyah Jakarta)
Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influense of Parents Role and Parenting on Communation and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Clauster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of k6 Education and Management, 3(1), 66-73.
Tridhonanto, A.L. 2020 Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta Pt Bumi Aksara
Dewi, AR., Murtini & Pratiwi, K. 2015 Pola Asuh Orang tua Dengan Kemandirian Anak. Jurnal Ilmu Kebidanan, Volime lll, Nomor 3 ; 105- 112
Sari, C A., & Mansyur, H. (2019). Pelatihan Pengembangan Diri Seni Tari Pada Anak Tunagrahita Di Slb Wacana Asih Kota Pada, Jurnal Sendratasik, 8(3),29.
Haq, A. H. B, (2016). Efikasi Dari Anak Berkebutuhan Khusus yang Berprestasi di Bidang Olah Raga. Jurnal Psikologi Terapan, 4 (02), 161-
174
Mrviana,et al (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan kemandirian Anak Tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus. Indonesia Journal Of Nursing (IJNR)

Downloads

Published

2024-09-30