Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Falah Desa Muara Binuangeun Kecamatan Wanasalam Lebak Banten
DOI:
https://doi.org/10.58550/jka.v9i2.222Keywords:
Kata Kunci : Perkembangan, Bahasa, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterlambatan bahasa pada anak usia dini yang berumur 5-6 tahun di TK Nurul Fallah lebak-banten sebanyak 23 anak dari 35 anak pada tahun 2022. Informasi dari pihak kepala sekolah bahwa anak tidak mampu menyebutkan objek yang ada dalam ruangan dan kurangnya kemampuan kosakata. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Nurul Fallah Muara Binuangeun Kecamatan Wanasalam Lebak-Banten. Desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah anak usia 5-6 tahun di Tk Nurul Fallah sebanyak 42 anak dengan sampling jenuh. Instrument penelitian yaitu kuesioner sebanyak 20 pernyataan. Hasil uji validitas 0.794-0.850 uji validitas dilakukan di TK Al-Islah Babakan Bandung Lebak- Banten dan hasil Cronbach’s Alpha 0.962. Teknik analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian secara umum kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 42 responden (47,8%). Perkembangan bahasa pada anak berdasarkan anak dapat menjawab yang lebih Kompleks sebanyak 32 responden (57,0%). Perkembangan bahasa berdasarkan anak mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama sebanyak 31 responden (55.0%). Perkembangan bahasa anak berdasarkan lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain sebanyak 33 responden (58.0%) Perkembangan Bahasa Anak Berdasarkan dapat Menyusun Klimat sederhana dalam Struktur Lengkap sebanyak 29 responden (49,0%). Perekembnagan Bahasa Anak berdasarkan dapat melanjutkan cerita atau dongeng yang telah di perdengarkan sebanyak 16 responden (31.0%) Saran kepada kepala TK Nurul Fallah Mura Lebak-Banten agar menggunakan suatu media pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan bahasa, misalnya seperti boneka tangan atau wayang sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan untuk memotivasi orang tua untuk mengajarkan anaknya mengenal bahasa dan menyusun kalimat dengan baik secara berstruktur di lingkungan rumah.