Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung

  • Ero Haryanto Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit Bandung
  • Desty Yuliyanti Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit Bandung
  • Rina Kartikasari Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit Bandung
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pola Asuh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Jumlah anak berkebutuhan khusus di Jawa Barat dari umur 5-9 tahun sebanyak 2,5%. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterlambatan lebih dari dua aspek gangguan perkembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Cinta Asih Soreang. Pola asuh yaitu interaksi orang tua dengan anak dimana orang tua mendidik, membimbing dan memenuhi semua kebutuhan anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan populasi 96 responden dan sampel 40 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berjumlah 24 pernyataan dengan skala likert menggunakan rumus korelasi product moment dengan rentang hasil r hitung 0,404–0,639 dan nilai reliabilitas 0,82. Hasil penelitian didapatkan secara umum pola asuh (unfavorable) sebesar 53%, sedangkan berdasarkan sub variabel pola asuh demokratis 77,5% (favorable), pola asuh otoriter 53% (unfavorable), pola asuh permisif 55% (unfavorable). Diharapkan institusi dapat mengadakan pertemuan dengan orangtua untuk membahas tentang macam-macam pola asuh yang diterapkan pada anak berkebutuhan khusus agar orangtua dapat menerapkan atau memilih pola asuh yang baik untuk anaknya. Serta orangtua yang sudah menerapkan pola asuh demokratis tetap mempertahankan pola asuh tersebut.

Published
2020-09-30