Tingkat Kepuasan Pasien Poli Gigi Puskesmas Sawah Lega Cicalengka Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.58550/jka.v6i1.116Keywords:
Kepuasan, Puskesmas, Poli GigiAbstract
Tahun 2017 pengunjung poli gigi Puskesmas Sawah Lega sebanyak 6737 sedangkan pada tahun 2018 sebanyak 1962 sehingga pada tahun 2018 poli gigi mengalami penurunan pengunjung sebanyak 4775 pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien di poli gigi Puskesmas Sawah Lega. Kepuasan pasien adalah tanggapan pasien terhadap kesesuaian tingkat harapan (ekspektasi) pasien sebelum mereka merima jasa pelayanan dan sesudah pelayanan yang terima. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif pada 146 sampel dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah di uji validitas degan hasil 0,618-0,951 dan reabilitas Cronbach’s Alpha > 0.77. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien secara umum 92%, dimensi bukti fisik menunjukan puas yaitu 92%, dimensi kehandalan menunjukan puas yaitu 92%, dimensi ketanggapan menunjukan puas yaitu 90%, dimensi jaminan menunjukan puas yaitu 92%, dan dimesi jaminan menunjukan puas yaitu 92%. Kesimpulan penelitian pasien di poli gigi puskesmas Sawah Lega menunjukan puas dengan pelayanan. Diharapkan Kepala maupun Petugas Puskesmas terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dimensi ketanggapan dengan baik.