Perbedaan Umpan Balik Langsung Dan Umpan Balik Tertunda Dosen Pada Keterampilan Resusitasi Bayi Baru Lahir

  • Fifi Citra Wiryadi Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit
Keywords: Uman balik langsung, umpan balik tertunda, dosen, keterampilan, resusitasi bayi baru lahir

Abstract

Kompetensi bidan di Indonesia dalam melakukan penanganan kegawatdaruratan obstetri masih kurang terampil. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap mahasiswa Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Bandung yang memiliki nilai rata-rata keterampilan resusitasi bayi baru lahir masih rendah dibandingkan dengan nilai keterampilan asuhan kebidanan yang lain. Upaya tenaga pendidik dalam mempersiapkan tenaga kesehatan yang kompeten diperlukan kualitas pembelajaran dengan metode yang optimal. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode umpan balik.

     Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan desain pre and posttes control study. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III program studi D III Kebidanan Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Bandung. Cara pengambilan sampel adalah total sampling. Jumlah subjek sebanyak 90 mahasiswa. Analisis dilakukan dengan uji t dan uji Man-Whitney.

     Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan pada kelompok umpan balik langsung sebelum dan sesudah perlakuan (p<0,001). Terdapat perbedaan hasil keterampilan pada Pada kelompok umpan balik langsung persentase peningkatan lebih tinggi (33,3%) bila dibandingkan dengan kelompok umpan balik tertunda (21,4%)  (p<0,010).

     Simpulan penelitian ini adalah keterampilan resusitasi bayi baru lahir pada mahasiswa kelompok umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan kelompok umpan balik tertunda pada mahasiswa III Kebidanan.

 

Published
2023-03-30